Sebelum memahami Proses Pemasaran dan Perilaku Konsumen, penting bagi kita untuk mengetahui pengertian pemasaran dan aspek yang terkait dengan proses pemasaran. Pemasaran adalah kumpulan aktifitas-aktifitas atau kegiatan yang merupakan bagian dari perekonomian karena dapat menetapkan suatu harga produk, mempermudah dan memperlacar kegiatan perekonomian yang mampu memuaskan tujuan individu atau organisasi.
Proses Pemasaran merupakan tahapan dimana barang maupun jasa dapat sampai ke tangan konsumen dari produsen. Proses Pemasaran terdiri dari beberapa aspek diantaranya (1) Adanya Produk, (2) Penetapan Harga, (3) Proses Distribusi, (4) Strategi Promosi, (5) Pembelian Produk.
Perilaku Konsumen merupakan tindakan individu-individu yang melibatkan penggunaan barang dan jasa, termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan tersebut sebagai pengalaman dengan produk, pelayanan dari sumber lainnya. Beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen diantaranya: (1) Budaya, (2) Kelas Sosial, (3) Keluarga, (4) Peraturan dan Status Sosial Konsumen, (5) Karakteristik Pribadi, (6) Psikologis Seseorang.
Model perilaku konsumen atau pembeli dimulai dengan adanya stimulis atau rangsangan. Rangsangan tersebut berasal dari lingkungan ataupun dengan adanya pembauran pemasaran. Dalam pemasaran dikenal pulan konsep 4 P (Product, Price, Place, dan Promotion) ke empat aspek ini sangat berpengaruh terhadap perilaku konsumen.
Proses Pemasaran dan Perilaku Konsumen:
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa Proses Pemasaran dan Perilaku Konsumen merupakan rangkaian proses pendistribusian barang maupun jasa dari produsen ke konsumen yang dipengaruhi oleh Budaya, Kelas sosial, Keluarga, Peraturan dan status sosial, karakteristik pribadi maupun psikologis seseorang.
Agar terjadinya pendistribusian produk maupun jasa kepada konsumen, maka perlu adanya ransangan dari konsumen untuk menentukan Produk, Price yang akan di beli. Secara teori itulah faktor-faktor yang mempengaruhi Proses Pemasaran dan Perilaku Konsumen, tapi dalam prakteknya apakah dapat kita jadikan pedoman? Semua sangat tergantung pada situasi dan kondisi yang dialami dilapangan pada saat berhubungan langsung dengan konsumen.
Dari uraian dan kesimpulan diatas, jelas bahwa pemahaman terhadap proses pemasaran dan perilaku konsumen mutlak bagi seorang marketing agar produk atau jasa yang ditawarkan benar-benar tepat sasaran. Proses Pemasaran bertujuan untuk memberi informasi tentang cara pendistribusian produk maupun jasa kepada konsumen. Sedangkan Perilaku Konsumen bertujuan agar kita mengetahui faktor yang mempengaruhi minat konsumen terhadap barang dan jasa yang ditawarkan. Kombinasi keduanya penting untuk memperoleh informasi yang utuh agar memudahkan dalam mengambil kebijakan harga dan strategi yang akan digunakan untuk proses pemasaran serta proses pendistribusian produk maupun jasa.
Ilustrasi Proses Pemasaran dan Perilaku Konsumen:
Berikut ini merupakan ilustrasi sederhana dari Proses Pemasaran dan Perilaku Konsumenyang sesungguhnya terhadap produk maupun jasa:
Sebuah UKM yang bergerak dibidang pembuatan dan pendistribusian souvenir pernikahan berupa kipas batik. UKM tersebut hendak melakukan riset pasar terhadap minat konsumen pada souvenir kipas batik yang merupakan produk unggulan mereka.
Berdasarkan pengalaman 2 tahun terakhir, produk tersebut laris manis dipasaran selepas hari raya Idul Fitri. Alasannya sederhana karena banyak pasangan yang memutuskan untuk menikah selepas Idul Fitri. Akibatnya pesanan hampir tak dapat dipenuhi karena peminat yang melonjak pada waktu tersebut.
Hasil risetnya adalah untuk tahun ini, UKM tersebut wajib menyediakan stok lebih banyak produk berupa Kipas Batik, guna memenuhi lonjakan pesanan selepas hari raya Idul Fitri. Untuk itu UKM perlu tambahan dana segar untuk membeli bahan baku dan biaya tenaga kerja produksi Kipas Batik tersebut.
Adalah langkah yang tepat untuk memproduksi lebih banyak dari biasanya karena trend 2 tahun terakhir pesanan kipas batik selalu melonjak setelah hari raya Idul Fitri. Strategi pemasaran yang dilakukan sudah tepat, untuk mengantisipasi lonjakan pesanan. Pada waktu tiba, prediksi lonjakan pesanan memang terjadi, namun kali ini semua pesanan dapat dikerjakan tepat waktu tanpa ada konsumen merasa puas.
Ilustrasi diatas membuktikan bahwa Memahami Proses Pemasaran dan Perilaku Konsumen adalah kunci sukses dalam pemasaran. Jika tidak memahami, tentu kejadian 2 tahun terakhir akan terulang, dan ada pesanan konsumen yang tidak terlayani dan membuatnya kecewa. Tetapi setelah melakukan rriset pasar akhirnya dapat ditentukan strategi penetapan harga dan stok produk/jasa yang tepat dan UKM pun sukses menaikan omzetnya menjadi 2 kali lipat dari waktu biasanya.
Sekian dulu sharing dari admin tentang Memahami Proses Pemasaran dan PerilakuKonsumen Kunci Sukses Marketing, semoga dengan ilustrasi tadi semakin dapat membantu pemahaman dan poin-poin penting dari artikel ini pun dapat diaplikasikan dalam bisnis Anda.
Jika Anda memiliki komentar, saran maupun ilustrasi lain sudilah kiranya untuk berbagi di sini hanya di Belajar Berjualan.
Penulis dan Editor : Daniel
Referensi : Link Sumber #1 dan Link Sumber #2
Gambar : freedigitalphotos.net
0 Response to "Memahami Proses Pemasaran dan Perilaku Konsumen Kunci Sukses Marketing"
Posting Komentar